Bisnis

Tips Untuk Anda yang Baru Belajar Investasi

Peer to peer lending di Indonesia adalah investasi yang cocok untuk anda yang baru belajar investasi. Banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengetahui dasar-dasar belajar investasi dari awal. Sehingga mereka cenderung sulit untuk memulainya, maka anda bisa memahami cara belajar investasi untuk pemula agar bisa menguasai.

Apa saja tips untuk Anda yang baru belajar investasi?

Investasi adalah strategi untuk menambah pemasukan dengan cara menyimpan dana selama periode tertentu. Menurut otoritas Jasa keuangan, Investasi adalah penanaman modal dalam jangka waktu tertentu untuk pengadaan aktiva atau pembelian saham, maupun surat berharga lain agar mendapat keberuntungan.

Tidak sedikit orang yang belajar investasi dari nol, karena menganggap investasi mendatangkan uang tanpa perlu usaha. Para investor atau orang yang melakukan investasi hanya perlu menanam modal saja, lalu mereka bisa menunggu uangnya bertambah dari imbal hasil investasi.

Memahami Pengetahuan Dasar

Khusus untuk Anda yang baru belajar investasi, maka anda harus memahami pengetahuan dasar. Sebab, investasi peer to peer lending di Indonesia tidak bisa dilakukan tanpa memahami pengetahuan dasar. Memahami pengetahuan dasar seputar investasi bisa dilihat dari jenis-jenisnya dan tujuannya

Anda juga harus melihat resiko dari investasi itu sendiri. Sebab, resiko akan membantu anda untuk tahu apakah investasi yang paling cocok. Terutama jenis investasi yang cocok untuk karakter dan harapan anda sebagai investor.

Memahami Risiko

Perlu diketahui, bahwa setiap jenis dan produk investasi pasti mempunyai tingkat risiko berbeda-beda. Risiko tersebut dimulai dari resiko yang rendah sampai resiko yang sangat tinggi. Apabila anda telah memahami tingkat risikonya, maka anda bisa menyesuaikannya dengan harapan keuntungan kedepannya.

Apabila anda belum siap melakukan investasi dengan modal yang banyak, maka anda bisa memulai investasi pada produk berisiko rendah. Salah satu produk investasi yang mempunyai risiko rendah adalah peer to peer lending di Indonesia, karena umumnya memerlukan modal lebih kecil.

Jangan Ragu Memulai

Waktu adalah salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi investasi. Jadi, anda tidak boleh ragu untuk mulai berinvestasi sedini mungkin, karena seorang investor tidak pernah ragu untuk memulai sesuatu. Semakin Dini Anda merencanakan dan memulai investasi, maka semakin cepat pula kemungkinan Anda mencapai tujuan di masa depan.

Sama halnya seperti menabung, apabila anda mempunyai tujuan yang jelas dalam belajar investasi, tentu akan memotivasi diri sendiri untuk tetap konsisten. Sebagai investor pemula, Anda harus menentukan tujuan investasi yang spesifik seperti tabungan pendidikan atau membeli rumah.

Menentukan Target dan Jangka Waktu

Cara belajar investasi berikutnya adalah dengan menentukan target dan jangka waktu sesuai dengan kebutuhan. Perlu diingat kembali bahwa waktu adalah faktor yang sangat penting dalam investasi. Apabila jangka waktunya pendek, maka semakin besar nominal yang harus dikeluarkan untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Dalam melakukan pembelajaran investasi, Anda harus menyisakan dana secara konsisten untuk melakukannya. Hal ini penting agar uang dipastikan tidak mengganggu kebutuhan harian dan dana darurat. Investasi tidak akan selalu menguntungkan, karena investasi mempunyai risiko masing-masing.

Anda bisa mengalokasikan dana senyaman mungkin sesuai dengan pendapatan dan strategi investasi. Pada umumnya, anda bisa mengetahui presentasi ideal untuk alokasi dana investasi seperti 30% dari total pendapatan bulanan.

Gunakan Uang Pribadi

Dalam melakukan investasi, tentu anda harus menggunakan uang pribadi agar tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Anda bisa berinvestasi menggunakan uang pribadi, dengan kerelaan hati menerima resiko yang mungkin terjadi.