Lifestyle

10 Tanda Bahwa Kamu Dikatakan Sudah Dewasa, Termasuk Dapat Menerima Dirimu Apa Adanya

Memasuki masa pubertas atau mencapai usia legal tidak otomatis membuatmu menjadi dewasa. Beberapa orang tumbuh secara fisik tetapi belum secara emosional. Agar kamu kehilangan gelar kekanak kanakan atau belum dewasa, kamu perlu menunjukkan sifat sifat tertentu, seperti bisa bahagia untuk orang lain.

Dilansir dari Bright Side berikut tanda tanda bahwa kamu bisa dikatakan sudah dewasa. Alih alih mudah marah pada orang lain karena sesuatu yang mereka lakukan, maka orang dewasa akan lebih cepat mengendalikan emosinya. Seseorang dikatakan dewasa jika dirinya tidak akan terlalu terbebani oleh emosinya sendiri dan bereaksi secara destruktif.

Orang membuat pilihan setiap hari dan pilihan itu membawa sebuah konsekuensi. Seseorang yang dewasa akan bertanggung jawab atas tindakannya. Kamu bisa dikatakan matang ketika kamu secara aktif menjaga dirimu sendiri, kebahagiaanmu dan hal hal yang menghalangimu karena pilihan.

Ciri lain dari orang dewasa adalah ketika kamu merasa bersyukur atas apa yang kamu miliki. Bukannya mengeluh tentang apa yang tidak kamu miliki. Selain itu, kamu juga tidak menerima begitu saja karena kamu menghargai bahwa tidak semua orang seberuntung itu.

Tidak mudah menerima diri sendiri secara apa adanya, terutama ketika orang lain terus memberi tahu bahwa kamu harus berubah. Tetapi ketika kamu dewasa, kamu berhasil merangkul siapapun di sekitarmu. Kamu akan merasa nyaman dengan dirimu sendiri daripada merasa rendah diri dan ingin menyenangkan orang lain dengan menjadi seseorang yang bukan kamu.

Seseorang tidak mungkin mengetahui segalanya, tetapi dibutuhkan kematangan bagi seseorang untuk menyadari bahwa ada banyak hal yang tidak mereka ketahui. Jika kamu dewasa, kamu akan mengesampingkan harga dirimu dan mau belajar, bahkan dari seseorang yang lebih muda darimu. Memiliki kasih sayang adalah bagian dari menjadi dewasa.

Kamu akan memikirkan orang lain dengan alih alih selalu mengutamakan kepentinganmu. Sosok dikenal sering berkorban untuk orang lain dahulu sebelum mengejar keinginanmu sendiri. Ketika orang lain sukses, kamu akan merasakan begitu senang bukan cemburu pada dirinya.

Jika kamu adalah orang yang matang, kamu tidak akan membiarkan kesuksesan apa pun pergi dari kepalamu. Kamu akan memperlakukan orang dengan adil dan penuh rasa hormat apa pun yang terjadi. Pastinya kamu tidak akan merasa perlu untuk mempromosikan dirimu di atas orang lain.

Hal hal tidak selalu berjalan sesuai rencana dan menjadi dewasa. Kamu harus dapat beradaptasi dengan situasi dan berpikir secara jangka panjang. Menjadi keras kepala, kaku, dan menunjuk jari adalah sesuatu yang dilakukan orang yang belum dewasa.

Kamu akan terbuka untuk melihat hal hal dari perspektif baru dan memahami bagaimana rasanya berada diposisi orang lain. Daripada memberi label pada orang yang berbeda darimu, Kamu akan bersedia untuk mencoba melihat dari mana mereka berasal. Sosokmu juga selalu menjembatani kesenjangan antara kamu dan mereka.

Menjadi dewasa berarti kamu tidak akan pernah berpuas diri dan berpikir bahwa kamu sudah sempurna. Kamu akan percaya bahwa selalu ada ruang untuk memperbaiki diri. Hidup adalah tentang belajar dan kamu selalu dapat berusaha untuk menjadi versi yang lebih baik dari dirimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *