Uncategorized

Gugus Tugas Covid-19 Surabaya Bantah Telat Bertindak 2 Karyawan Sampoerna Meninggal

Banyak hal yang telah dilakukan untuk mengantisipasi kasus penyebaran virus Corona atau Covid 19 di Pabrik Rokok Sampoerna Rungkut Surabaya. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Surabaya bahkan telah melakukan prtemuan dengan manajemen perusahaan sejak 16 April 2020, sebelum kasus ini mencuat. Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Surabaya, Febria Rachmanita menjelaskan, pihaknya langsung meminta perusahaan tersebut untuk melakukan rapid test dan mengisolasi mandiri 506 karyawan Sampoerna guna memutus rantai persebaran.

"Kami pun minta Sampoerna yang melakukan isolasi karyawannya di suatu hotel, sehingga tidak tertular dengan yang lain,” kata wanita yang akrab disapa Feny itu, Sabtu (2/5/2020). Dari 506 karyawan yang dilakukan rapid test, sebanyak 123 orang positif versi rapid test. Kemudian pihak manajemen melakukan swab test pada Jumat (1/5/2020).

Tes itu dilakukan dengan dibagi dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 48 karyawan dan didapati hasil sebanyak 34 orang positif. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya itu mengungkapkan, sampai sejauh ini, pihaknya masih terus memantau perkembangan terbaru. Termasuk pasien yang melakukan isolasi mandiri terus dilakukan pemantauan.

"Tidak benar kalau kami terlambat dalam penanganan Covid 19," ungkapnya. Sementara itu, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, saat ini pihaknya telah menempatkan anggota di salah satu hotel yang menjadi tempat isolasi karyawan Sampoerna. Hal itu dilakukan untuk memastikan betul apakah telah dilakukan isolasi mandiri di hotel.

"Anggota saya memantau di sana," kata Eddy, yang juga Kepala BPB Linmas Surabaya. Selain itu, dia mengatakan, saat ini pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan perusahaan dengan menggunakan mobil PMK. Penyemprotan juga dilakukan di sekitar lingkungan perusahaan.

"Mulai 27 April 2020 sampai dengan tadi malam itu kami melakukan penyemprotan di lokasi itu," ungkapnya. (Yusron Naufal Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *