Kesehatan

Rehabilitasi Narkoba, Faktor yang Menyebabkan Seseorang Kecanduan Narkoba

Terdapat beberapa faktor yang akhirnya mengakibatkan seseorang jauh lebih rentan mengalami kecanduan terhadap narkoba. Seperti contohnya trauma fisik ataupun psychologist, genetik, riwayat gangguan mental dan juga sifat impulsif.

Di samping itu ada banyak hal – hal lain yang juga dapat menyebabkan seseorang hingga akhirnya mengalami kecanduan. Oleh karena narkoba ini sangat berbahaya ketika disalahgunakan, maka penting untuk Anda mengetahui apa saja faktor – faktor yang mengakibatkan seseorang bisa mengalami kecanduan narkoba. Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu anda ketahui, antara lain yaitu :

Apa Faktor yang Menyebabkan Seseorang Kecanduan Narkoba ?

 

  1. Pengaruh dari Lingkungan

Lingkungan memiliki dampak yang cukup besar. Salah satu alasan yang menjadi penyebab mengapa akhirnya seseorang tergoda untuk mencoba memakai narkoba yaitu dikarenakan oleh lingkungan tempat dia bergaul.

Utamanya di sini orang-orang yang seringkali mereka temui, termasuk teman, orang tua, kakak ataupun idola seperti contohnya selebritis. Saat ini informasi bisa diperoleh dengan lebih mudah, itulah yang menyebabkan akhirnya muncul rasa ingin tahu dari seseorang hingga akhirnya memberanikan diri untuk coba-coba.

  1. Rasa Penasaran

Salah satu insting alami yang di miliki oleh seorang manusia yaitu rasa ingin tahu atau rasa penasaran. Kebanyakan remaja mulai menjadi pecandu oleh karena diawali rasa ingin tahu mereka terhadap obat-obatan. Sebagian besar dari remaja tersebut mengetahui bahwasannya narkoba merupakan hal yang buruk.

Beberapa dari mereka tidak percaya mengenai hal itu, hingga akhirnya nekat untuk mencobanya, yang mana hal tersebut mereka lakukan dengan tujuan untuk memperoleh pengakuan status sosial dan agar merasakan pengalaman yang juga sama dengan sahabat maupun lingkungannya.

  1. Kecanduan Karena Tak Disengaja

Beberapa jenis obat pereda nyeri juga sering disalahgunakan oleh karena efeknya yang membius. Bahkan dalam beberapa kasus, kecanduan tersebut merupakan hal yang tidak disengaja. Salah satu contohnya yaitu obat golongan opiat.

Obat tersebut diresepkan oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit yang diderita oleh pasien. Obat-obatan opium dalam mengatasi rasa sakit memang sangatlah efektif. Seperti contohnya ketika seseorang menjalani masa terapi kanker ataupun perawatan setelah dilakukan pembedahan.

Beberapa juga memakai ekstasi untuk mengatasi rasa cemas berlebihan. Namun dengan seiring berjalannya waktu, tubuh akhirnya mulai mengembangkan toleransi pada efek obat tersebut.

Oleh karena itulah, beberapa orang akan mulai meningkatkan dosis agar kembali merasakan efek yang sebelumnya ia rasakan. Hal tersebutlah yang akhirnya menyebabkan orang – orang tersebut lambat laun secara tidak disengaja akhirnya kecanduan obat-obatan.

  1. Pilihan Sendiri

Penyebab lain kenapa seseorang bisa kecanduan narkoba yaitu oleh karena pilihan mereka sendiri. Orang – orang tersebut secara sengaja menikmati narkoba untuk membuat diri mereka senang. Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian mereka yang kecanduan narkoba akan mengalami sensasi yang paling kuat saat mereka mencoba hal untuk pertama kalinya.

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa akan lebih sulit bagi mereka untuk mempertahankan keseimbangan tersebut di waktu lain dan lebih memilih untuk membiarkan dan memuaskan hasrat dengan kembali memakai obat-obatan terlarang.

Bagi Anda yang saat ini tengah memiliki kerabat teman ataupun keluarga yang mengalami malasah kecanduan narkoba, maka Anda harus mengikuti program rehabilitasi narkoba dengan segera. Program tersebut bertujuan untuk membantu para korban penyalahguna obat-obatan terlarang agar sembuh total.

Rehabilitasi Narkoba yang sangat di rekomendasikan untuk Anda yaitu Ashefa Griya Pusaka. Program tersebut ditangani oleh tenaga-tenaga profesional yang mereka semua telah tersertifikasi. Selain itu, ada banyak keunggulan yang ditawarkan Ashefa Griya Pusaka jika dibanding yang lain.