Uncategorized

Wamendes Ungkap 433 Desa di Kawasan Indonesia Timur Belum Terjamah Listrik

Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi mengungkapkan masih ada desa di kawasan Indonesia timur yang belum teraliri jaringan listrik. Budi Arie mengatakan total desa yang belum mendapatkan pasokan listrik berjumlah 433 desa. Desa tersebut berada di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). "Di Papua ada 325 desa, Papua Barat ada 102 desa, Maluku 1 desa, dan NTT 5 desa," ungkap Budi Arie pada diskusi webinar LPEM FEB UI, Jumat (12/6/2020).

"Indonesia Timur terlalu sangat tertinggal dibanding Indonesia Barat dan Indonesia Tengah," tambah Budi Arie. Dirinya mengatakan sekitar 14.265 desa teregister di Maluku, Papua, dan NTT. Sekitar 3 persen desa belum berlistrik. Sementara jumlah keluarga yang tidak menggunakan listrik di non daerah tertinggal jumlahnya mencapai 669.783 keluarga di 17.442 desa.

"Kebutuhan pembangunan listrik di daerah tertinggal. Jadi kita kalau bicara listrik, bagaimana juga Indonesia timur masih bermasalah," ucap Budi Arie. Menurut Budi Arie, akses listrik sangat dibutuhkan untuk masyarakat termasuk yang berada di pedesaan. Dirinya mengatakan desa yang belum teraliri listrik mengalami ketertinggalan dalam beberapa aspek. Dirinya mengatakan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajarannya untuk memberikan akses untuk daerah yang belum teraliri listrik.

"Ini bagaimana kita mau bicara soal teknologi digital kalau sarana yang namanya listrik mereka tidak pernah miliki atau rasakan," pungkas Budi Arie. Beberapa kawasan di Indonesia juga masih ada desa yang memiliki pasokan listrik namun waktu pemakaiannya terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *